Standar Isi

Thursday, December 30, 2010


STANDAR ISI
No.

Indikator

Bukti Fisik / Informasi Pendukung

1















2










3








4












5




6












7







8











9





10






11





12











13




14






15











16





17





18
PK melaksanakan kurikulum berdasarkan muatan KTSP













KTSP dikembangkan oleh PK dg melibatkan berbagai pihak sesuai dg tahapan penyusunan KTSP








Kurikulum PK dikembangkan sesuai dengan mekanisme KTSP







Kurikulum PK dilaksanakan berdasarkan prinsip-prinsip perbaikan layanan pembelajaran, pendayagunaan kondisi alam, serta pendayagunaan kondisi sosial dan budaya







Penyusunan silabus mata pelajaran muatan lokal melibatkan berbagai pihak


PK melaksanakan program pengembangan diri dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler










PK melaksanakan program pengembangan diri dalam bentuk kegiatan konseling





Program prakerin dilaksanakan sesuai dengan alokasi waktu pada Struktur Kurikulum ( minimal 2 bulan )








PK menerapkan kegiatan pembelajaran sesuai dg kebutuhan beban belajar yg tertuang pada lampiran Permendiknas Nomor 22 tahun 2006

Guru mapel memberikan penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur utk mencapai kompetensi yg diberikan kpd siswa maksimal 60 % dari alokasi waktu tiap mapel

PK melaksanakan proses pembelajaran mapel kewirausahaan sesuai dg ketentuan dalam struktur kurikulum


Pelaksanaan pembelajaran seluruh mapel di PK memanfaatkan TIK










KTSP disyahkan oleh Kepala Sekolah dg pertimbangan Komite Sekolah dan diketahui oleh Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah

Dalam mengembangkan KTSP, guru/kelompok guru dalam PK secara aktif menyusun silabus




Guru mengembangkan silabus mapel sesuai dg langkah-langkah pada Panduan Penyusunan KTSP









PK mengembangkan silabus berdasarkan Standar Isi, SKL, dan Panduan Penyusunan KTSP secara mandiri/kelompok


PK menentukan KKM setiap mapel dengan memperhatikan :
a.     Karakteristik siswa
b.     Karakteristik mapel
c.      Kondisi PK

PK menjadwalkan awal tahun pelajaran, minggu efektif, pembelajaran efektif, dan hari libur pada Kalender Pendidikan PK yang dimiliki

Dokumen KTSP
9 Dokumen muatan kurikulum :
a.  Mata Pelajaran
b.     Muatan lokal
c.      Keg Pengembangan Diri
d.     Beban Belajar
e.     KKM
f.      Kenaikan Kelas
g.     Kelulusan & Penjurusan
h.     Kecakapan Hidup
i.       Pend Berbasis Keunggulan Lokal & Global 




a.    SK Kasek ttg Tim Pengembang Kurikulum
b.    Undangan, Daftar Hadir, Tanda Tangan Pengurus dan Anggota
c.     Personil yg terlibat antara lain :
       Pihak Sekolah  :
       Kasek, Waka Kur, Ka Prog,  Guru Mapel, Staf TU
       Pihak eksternal :
       Komite Sekolah
       Dunia Usaha / Dunia Industri
d.    Hasil Kegiatan

Daftar Kegiatan dan Pelaksanaannya meliputi :
a.    Penyiapan
b.    Penyusunan Draf
c.     Review
d.    Revisi
e.    Finalisasi
f.     Pemantapan
g.    Penilaian

a.    Remidial utk prinsip perbaikan layanan pembelajaran ( dalam RPP )
b.    Tambahan jam pembelajaran utk prinsip pengayaan layanan pembelajaran
c.     Pembelajaran di alam, untuk prinsip mendayagunakan kondisi alam
d.    Kegiatan sosial dan budaya untuk prinsip mendayagunakan kondisi sosial budaya
e.   Silabus mapel muatan lokal dan bukti tertulis dan pihak-pihak yg terlibat dlm penyusunannya (seperti undangan, daftar hadir rapat, dan dokumen hasil rapat)

Silabus mapel muatan lokal dan bukti tertulis dan pihak-pihak yg terlibat dlm penyusunannya (seperti undangan, daftar hadir rapat, dan dokumen hasil rapat)

Dokumen ekstrakurikuler minimal 4 jenis yang antara lain berupa :
a.    SK Penugasan
b.    Program Ekstrakurikuler
c.     Jadwal Ekstrakurkuler
d.    Daftar Hadir Pembimbing
e.    Daftar Hadir Siswa / Peserta
f.     Daftar Nilai





Minimal ada 4 jenis kegiatan konseling lengkap dg dokumennya antara lain :
a.    Kehidupan
b.    Karir Kejuruan
c.     Belajar
d.    Pribadi
e.   Sosial

Data-data prakerin antara lain :
  1. Program prakerin
  1. Jadwal pelaksanaan prakerin
  1. Jadwal monitoring
  1. Daftar Dunia Usaha/ Dunia Industri
  1. Daftar pembimbing
  1. Daftar Siswa / Peserta
  1. Pedoman prakerin
  1. Tata tertib prakerin
i.   Laporan prakerin
j.   Sertifikat prakerin

a.    Minimal 36 jam / minggu
b.    Jumlah minggu efektif pertahun 38 minggu
c.     Adanya Kalender Pendidikan
d.    Adanya Jadwal Pelajaran


Minimal 76 % dari jml guru mapel memberi tugas
a.    Pemberian tugas / soal
b.    Hasil pekerjaan siswa
c.     Nilai tugas



a.    Silabus
b.    Program Tahunan
c.     Program Semester
d.    RPP
e.    Jadwal Pelajaran

Minimal 76 % dari seluruh mapel menggunakan TIK
Jenis TIK yang digunakan antara lain :
a.    Komputer / Laptop
b.    LCD
c.     Macromedia Flash
d.    Internet






KTSP Lengkap yang dilengkapi silabus seluruh mata pelajaran



Minimal terdapat 76 % dari seluruh guru yg ada
Dokumen Silabus
Dokumen proses penyusunan silabus :
a.    Undangan
b.    Daftar Hadir
c.     Berita Acara Penyusunan Silabus

7 Lagkah pengembangan silabus :
  1. Mengkaji SK – KD
  2. Mengidentifikasi materi pokok/pembelajaran
  3. Mengembangkan kegiatan pembelajaran
  4. Merumuskan indikator pencapaian kompetensi
  5. Menentukan jenis penilaian
  6. Menentukan alokasi waktu
  7. Menentukan sumber belajar
Dokumen silabus hasil pengembangan

a.    Undangan
b.    Kegiatan pengembangan silabus
c.     Pedoman penyusunan KTSP
d.    Pedoman penyusunan silabus
e.    Dokumen silabus hasil pengembangan

Dokumen Proses penentuan KKM
Rekap KKM




Kalender Pendidikan
Minimal ada 4 kegiatan pada Kaldik :
a.    Awal tahun pelajaran
b.    Minggu efektif belajar
c.     Waktu pembelajaran efektif
d.    Hari libur


0 comments:

Post a Comment