STANDAR ISI
No. | Indikator | Bukti Fisik / Informasi Pendukung |
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 | PK melaksanakan kurikulum berdasarkan muatan KTSP KTSP dikembangkan oleh PK dg melibatkan berbagai pihak sesuai dg tahapan penyusunan KTSP Kurikulum PK dikembangkan sesuai dengan mekanisme KTSP Kurikulum PK dilaksanakan berdasarkan prinsip-prinsip perbaikan layanan pembelajaran, pendayagunaan kondisi alam, serta pendayagunaan kondisi sosial dan budaya Penyusunan silabus mata pelajaran muatan lokal melibatkan berbagai pihak PK melaksanakan program pengembangan diri dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler PK melaksanakan program pengembangan diri dalam bentuk kegiatan konseling Program prakerin dilaksanakan sesuai dengan alokasi waktu pada Struktur Kurikulum ( minimal 2 bulan ) PK menerapkan kegiatan pembelajaran sesuai dg kebutuhan beban belajar yg tertuang pada lampiran Permendiknas Nomor 22 tahun 2006 Guru mapel memberikan penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur utk mencapai kompetensi yg diberikan kpd siswa maksimal 60 % dari alokasi waktu tiap mapel PK melaksanakan proses pembelajaran mapel kewirausahaan sesuai dg ketentuan dalam struktur kurikulum Pelaksanaan pembelajaran seluruh mapel di PK memanfaatkan TIK KTSP disyahkan oleh Kepala Sekolah dg pertimbangan Komite Sekolah dan diketahui oleh Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah Dalam mengembangkan KTSP, guru/kelompok guru dalam PK secara aktif menyusun silabus Guru mengembangkan silabus mapel sesuai dg langkah-langkah pada Panduan Penyusunan KTSP PK mengembangkan silabus berdasarkan Standar Isi, SKL, dan Panduan Penyusunan KTSP secara mandiri/kelompok PK menentukan KKM setiap mapel dengan memperhatikan : a. Karakteristik siswa b. Karakteristik mapel c. Kondisi PK PK menjadwalkan awal tahun pelajaran, minggu efektif, pembelajaran efektif, dan hari libur pada Kalender Pendidikan PK yang dimiliki | Dokumen KTSP 9 Dokumen muatan kurikulum : a. Mata Pelajaran b. Muatan lokal c. Keg Pengembangan Diri d. Beban Belajar e. KKM f. Kenaikan Kelas g. Kelulusan & Penjurusan h. Kecakapan Hidup i. Pend Berbasis Keunggulan Lokal & Global a. SK Kasek ttg Tim Pengembang Kurikulum b. Undangan, Daftar Hadir, Tanda Tangan Pengurus dan Anggota c. Personil yg terlibat antara lain : Pihak Sekolah : Kasek, Waka Kur, Ka Prog, Guru Mapel, Staf TU Pihak eksternal : Komite Sekolah Dunia Usaha / Dunia Industri d. Hasil Kegiatan Daftar Kegiatan dan Pelaksanaannya meliputi : a. Penyiapan b. Penyusunan Draf c. Review d. Revisi e. Finalisasi f. Pemantapan g. Penilaian a. Remidial utk prinsip perbaikan layanan pembelajaran ( dalam RPP ) b. Tambahan jam pembelajaran utk prinsip pengayaan layanan pembelajaran c. Pembelajaran di alam, untuk prinsip mendayagunakan kondisi alam d. Kegiatan sosial dan budaya untuk prinsip mendayagunakan kondisi sosial budaya e. Silabus mapel muatan lokal dan bukti tertulis dan pihak-pihak yg terlibat dlm penyusunannya (seperti undangan, daftar hadir rapat, dan dokumen hasil rapat) Silabus mapel muatan lokal dan bukti tertulis dan pihak-pihak yg terlibat dlm penyusunannya (seperti undangan, daftar hadir rapat, dan dokumen hasil rapat) Dokumen ekstrakurikuler minimal 4 jenis yang antara lain berupa : a. SK Penugasan b. Program Ekstrakurikuler c. Jadwal Ekstrakurkuler d. Daftar Hadir Pembimbing e. Daftar Hadir Siswa / Peserta f. Daftar Nilai Minimal ada 4 jenis kegiatan konseling lengkap dg dokumennya antara lain : a. Kehidupan b. Karir Kejuruan c. Belajar d. Pribadi e. Sosial Data-data prakerin antara lain :
i. Laporan prakerin j. Sertifikat prakerin a. Minimal 36 jam / minggu b. Jumlah minggu efektif pertahun 38 minggu c. Adanya Kalender Pendidikan d. Adanya Jadwal Pelajaran Minimal 76 % dari jml guru mapel memberi tugas a. Pemberian tugas / soal b. Hasil pekerjaan siswa c. Nilai tugas a. Silabus b. Program Tahunan c. Program Semester d. RPP e. Jadwal Pelajaran Minimal 76 % dari seluruh mapel menggunakan TIK Jenis TIK yang digunakan antara lain : a. Komputer / Laptop b. LCD c. Macromedia Flash d. Internet KTSP Lengkap yang dilengkapi silabus seluruh mata pelajaran Minimal terdapat 76 % dari seluruh guru yg ada Dokumen Silabus Dokumen proses penyusunan silabus : a. Undangan b. Daftar Hadir c. Berita Acara Penyusunan Silabus 7 Lagkah pengembangan silabus :
Dokumen silabus hasil pengembangan a. Undangan b. Kegiatan pengembangan silabus c. Pedoman penyusunan KTSP d. Pedoman penyusunan silabus e. Dokumen silabus hasil pengembangan Dokumen Proses penentuan KKM Rekap KKM Kalender Pendidikan Minimal ada 4 kegiatan pada Kaldik : a. Awal tahun pelajaran b. Minggu efektif belajar c. Waktu pembelajaran efektif d. Hari libur |
0 comments:
Post a Comment