STANDAR PROSES
No. | Indikator | Bukti Fisik / Informasi Pendukung |
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 | Setiap mapel memiliki RPP yg disusun secara lengkap dan sistematis Penyusunan RPP sudah memperhatikan prinsip perbedaan individu siswa, mendorong partisipasi aktif siswa, dan menerapkan TIK PK melaksanakan proses pembelajaran dengan persyaratan yang ditentukan Proses pembelajaran di PK dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran PK melaksanakan proses pembelajaran berbasis TIK ( sesuai dg tingkat kebutuhan PK) dg SDM yg dimiliki ke sesuaian kompetensi Kegiatan wirausaha pada bisnis center dilakukan sebagai wahana untuk meningkatkan kompetensi siswa sesuai dengan keahliannya Sekolah menindaklanjuti Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama dg DUDI Siswa melakukan prakerin untuk memperoleh kompetensi kejuruan Pemantapan proses pembelajaran dilakukan oleh Kasek mencakup tahap : a. Perencanaan b. Pelaksanaan c. Penilaian Supervisi proses pembelajaran dilakukan oleh Kasek dengan cara pemberian contoh, diskusi, pelatihan dan konsultasi ( 4 cara ) Evaluasi terhadap guru dalam proses pembelajaran dilakukan oleh Kasek dg memperhatikan 4 aspek yaitu :
Kasek menyampaikan hasil pengawasan (pemantauan, supervisi dan evaluasi) proses pembelajaran kepada pemangku kepentingan Kasek melakukan tindak lanjut terhadap hasil pengawasan proses pembelajaran | a. Minimal 13 mata pelajaran b. Program Tahunan c. Program Semester d. RPP Minimal 9 mata pelajaran Pada dokumen RPP pada item : a. Metode Pembelajaran b. Sumber Belajar c. Media Pembelajaran a. Minimal 4 persyaratan b. Data Kelas / Rombongan Belajar c. SK Pembagian tugas minimal 24 jam/minggu d. Buku teks / pegangan e. Pengelolaan kelas ( dg observasi/ visit kelas ) Minimal 76 % Observasi kelas Hasil supervisi kelas Kasek tentang : a. Pendahuluan ( informasi, pengkondisian, apersepsi, dan motivasi ) b. Kegiatan Inti ( eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi ) c. Penutup ( rangkuman, kesimpulan, refleksi, dan tindak lanjut). a. SDM sendiri yg memiliki sertifikat TIK b. Sertifikat guru TIK Dokumen klas wirausaha antara lain : a. Pola pengelolaan b. Proposal siswa c. Buku keuangan d. MoU antara siswa dg sekolah a. Akta kerjasama dengan DUDI b. Dokumen hasil pekerjaan bersama DUDI ( data prakerin ) Minimal 76 % di DUDI yg relevan Data DUDI, Siswa , pembimbing, bidang usaha Sertifikat / surat keterangan Tahap pemantauan meliputi : a. Perencanaan b. Pelaksanaan c. Penilaian hasil pembelajaran Hasil supervisi Kasek / KaProg , dan tanda tangan guru yang dipantau Tahap supervisi meliputi : 1. Tahap perencanaan 2. Tahap pelaksanaan 3. Tahap penilaian hasil pembelajaran Dokumen pelaksanaan supervisi proses pembelajaran pada setiap aspek mencakup 4 cara, yaitu : 1. Pembrian contoh 2. Diskusi 3. Pelatihan 4. Konsultasi Dokumen hasil supervisi oleh Kasek / Ka Program Keahlian Dokumen laporan pengawasan pembelajaran kepada : a. Guru ybs b. Dewan guru c. Ka Program Keahlian d. Pengawas Minimal 75 % Bukti tindak lanjut antara lain :
|
0 comments:
Post a Comment