Standar Proses

Friday, December 31, 2010


STANDAR PROSES
No.

Indikator

Bukti Fisik / Informasi Pendukung

1





2





3





4









5





6





7



8



9






10











11








12






13
Setiap mapel memiliki RPP yg disusun secara lengkap dan sistematis




Penyusunan RPP sudah memperhatikan prinsip perbedaan individu siswa, mendorong partisipasi aktif siswa, dan menerapkan TIK


PK melaksanakan proses pembelajaran dengan persyaratan yang ditentukan



Proses pembelajaran di PK dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran







PK melaksanakan proses pembelajaran berbasis TIK ( sesuai dg tingkat kebutuhan PK) dg SDM yg dimiliki ke
sesuaian kompetensi

Kegiatan wirausaha pada bisnis center dilakukan sebagai wahana untuk meningkatkan kompetensi siswa sesuai dengan keahliannya


Sekolah menindaklanjuti Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama dg DUDI

Siswa melakukan prakerin untuk memperoleh kompetensi kejuruan


Pemantapan proses pembelajaran dilakukan oleh Kasek mencakup tahap :
a.    Perencanaan
b.    Pelaksanaan
c.     Penilaian

Supervisi proses pembelajaran dilakukan oleh Kasek dengan cara pemberian contoh, diskusi, pelatihan dan konsultasi ( 4 cara )








Evaluasi terhadap guru dalam proses pembelajaran dilakukan oleh Kasek dg memperhatikan 4 aspek yaitu :
  1. Persiapan
  2. Pelaksanaan
  3. Evaluasi Pembelajaran
  4. Rencana Tindak Lanjut
Kasek menyampaikan hasil pengawasan (pemantauan, supervisi dan evaluasi) proses pembelajaran kepada pemangku kepentingan



Kasek melakukan tindak lanjut terhadap hasil pengawasan proses pembelajaran


a.    Minimal 13 mata pelajaran
b.    Program Tahunan
c.     Program Semester
d.    RPP
Minimal 9 mata pelajaran
Pada dokumen RPP pada item :
a.    Metode Pembelajaran
b.    Sumber Belajar
c.     Media Pembelajaran


a.    Minimal 4 persyaratan
b.    Data Kelas / Rombongan Belajar
c.     SK Pembagian tugas minimal 24 jam/minggu
d.    Buku teks / pegangan
e.    Pengelolaan kelas ( dg observasi/ visit kelas )

Minimal 76 %
Observasi kelas
Hasil supervisi kelas Kasek tentang  :
a.    Pendahuluan ( informasi,  pengkondisian, apersepsi, dan motivasi )
b.    Kegiatan Inti ( eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi )
c.     Penutup ( rangkuman, kesimpulan, refleksi, dan tindak lanjut).

a.    SDM sendiri yg memiliki sertifikat TIK
b.    Sertifikat guru TIK




Dokumen klas wirausaha antara lain :
a.    Pola pengelolaan
b.    Proposal siswa
c.     Buku keuangan
d.    MoU antara siswa dg sekolah

a.       Akta kerjasama dengan DUDI
b.      Dokumen  hasil pekerjaan bersama DUDI ( data prakerin )

Minimal 76 % di DUDI yg relevan
Data DUDI, Siswa , pembimbing, bidang usaha
Sertifikat / surat keterangan

Tahap pemantauan meliputi :
a.    Perencanaan
b.    Pelaksanaan
c.     Penilaian hasil pembelajaran
Hasil supervisi Kasek / KaProg , dan tanda tangan guru yang dipantau

Tahap supervisi meliputi :
1.    Tahap perencanaan
2.    Tahap pelaksanaan
3.    Tahap penilaian hasil pembelajaran
Dokumen pelaksanaan supervisi proses pembelajaran pada setiap aspek mencakup 4 cara, yaitu :
1.    Pembrian contoh
2.    Diskusi
3.    Pelatihan
4.    Konsultasi

Dokumen hasil supervisi oleh Kasek / Ka Program Keahlian






Dokumen laporan pengawasan pembelajaran  kepada :
a.    Guru ybs
b.    Dewan guru
c.     Ka Program Keahlian
d.    Pengawas

Minimal 75 %
Bukti tindak lanjut antara lain :
  1. Memberi penghargaan
  2. Memberi teguran
  3. Memberi kesempatan mengikuti diklat / penataran

0 comments:

Post a Comment